Gerung,  kpu.go.id – Memasuki  tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Lombok Barat Tahun 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Barat semakin menggencarkan kegiatan sosialisasi, salah satunya kepada instansi terkait dan pemangku kepentingan di setiap kecamatan di Kabupaten Lombok Barat. Sosialisasi diatur menurut daerah pemilihan (dapil)  diawali dari dapil IV (empat) yaitu  Kecamatan Gunungsari dan Kecamatan Batulayar. Adapun pesertanya adalah semua Kepala Desa dan Ketua BPD yang di kedua wilayah kecamatan tersebut bertempat di Kantor Camat Batulayar, Jum’at (22/9/2017).

Sosialisasi dengan melibatkan Komisioner KPU Kabupaten Lombok Barat, membahas materi tentang tahapan penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Lombok Barat Tahun 2018 dan pembentukan panitia ad-hoc. Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Lombok Barat Suhardi, S.IP., MH menjelaskan tentang berbagai kegiatan yang dilakukan akhir tahun 2017 ini, seperti Sosialisasi dan pendidikan pemilih ke sekolah-sekolah  setingkat SLTA/sederajat yang ada di Kabupaten Lombok Barat yang pada tahun 2017 ini kami sasar sebanyak 50 (lima puluh) sekolah/Madrasah, pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) serta pendaftaran calon perseorangan. Secara umum anggota KPU yang lain memaparkan materi tentang pembentukan badan ad-hoc dan sangat mengharapkan proses perekrutan panitia ad-hoc ini turut mendapat dukungan dari pihak kecamatan dan desa/kelurahan, karena desa/kelurahan paling memahami kondisi di daerah masing-masing. Hal ini terutama berkaitan dengan proses pemutakhiran data pemilih yang akan dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), yang akan menyajikan data sebagai dasar dalam penyusunan logistik kepemiluan.

Usai penyampaian materi, dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab oleh peserta yang berjumlah lebih dari 60 orang dari unsur kecamatan, Muspika, Kepala Desa dan  Ketua BPD yang ada di daerah pemilihan Lombok Barat (dapil) IV se-Kecamatan Gunungsari dan Kecamatan Batulayar. Diskusi diakhiri dengan himbauan untuk memastikan diri terekam dalam Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) sebagai syarat menjadi pemilih, yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP-el maupun surat keterangan oleh instansi berwenang. (hupmas KPU Lobar).