GerungKPU Lombokbaratkab.go.id    Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Barat Suhaimi Syamsuri bertindak sebagai Pembina Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945 – 1 Juni 2017, Kamis ( 1/6 ). Upacara yang dilaksanakan pertama kalinya untuk memperingati Hari Lahir Pancasila tersebut digelar oleh KPU Lombok Barat di Jln. Penas IX No. 10 Gerung.

Upacara dimulai tepat pukul 08.00 WITA dihadiri oleh semua anggota Komisioner KPU Lombok Barat, Sekretaris, para Kasubag dan staf sekretariat. Pada kesempatan tersebut, Suhaimi membacakan sambutan Presiden RI, Joko Widodo mengamanatkan untuk mendalami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Presiden Joko Widodo juga mengamanatkan agar membangun masyarakat yang adil dan makmur di tengah-tengah kemajemukan bangsa sesuai bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Bhineka Tunggal Ika, dan Pancasila. Kita juga perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, kita bisa terhindar dari masalah tersebut. Kita bisa hidup rukun dan bergotong royong untuk memajuka negeri. Dengan Pancasila, Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai, adil dan makmur di tengah kemajemukan, kata Syamsuri membacakan amanat Presiden Joko Widodo.

Di akhir amanatnya Presiden Joko Widodo mengajak para Ulama, Ustadz, Pendeta, Pastor, Bhiksu, Pedanda, Tokoh Masyarakat, Pendidik, Pelaku Seni dan Budaya, Pelaku Media, Jajaran Birokrasi, TNI dan POLRI serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila, serta menjaga perdamaian, persatuan, dan persaudaraan.

Jaga perdamaian, jaga persatuan, dan jaga persaudaraan diantara kita. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Mari kita saling bahu- membahu, bergotong royong demi kemajuan Indonesia, pesan Presiden Joko Widodo.  (Hupmas KPU Lobar).