Gerung,  18 April 2017,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabpaten Lombok Barat telah melakukan silatrurahmi ke semua Parpol peserta Pemilu Tahun 2014 sejak tanggal 5 April 2017 dan berakhir pada tanggal 18 April 2017. Kendati  jadual kunjungan silaturahmi sudah selesai, namun ada satu parpol lagi yang belum dikunjungi karena pimpinan parpol yang bersangkutan tidak dapat menerima kami karena sakit dan akan dijadualkan berikutnya.

KPU Kabupaten Lombok Barat mengingatkan kepada partai politik mengenai pentingnya sejak dini mempersiapkan diri untuk menghadapi Pilkada Serentak Tahn 2018 yang akan digelar bulan  Juni 2018 mendatang. Mengenai tahapan Pilkada Serentak Tahun 2018, Pemilu Legislatif maupun Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 tahapannya akan dimulai pada bulan Oktober  2017.  Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden berdasarkan RUU Pemilu akan dilaksanakan pada bulan April 2019.

Tahapan pemutakhiran data pemilih yang data basenya menggunakan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu terakhir, KPU dierikan waktu 16 (enam belas) bulan sebelum hari  H, yaitu mulai sekitar bulan Desember 2017. Selanjutnya tahapan pelaksanaan pemilu, dimulai dari pendaftaran partai politik peserta pemilu mulai bulan Oktober 2018.

Partai politik diberi ruang oleh Undang-undang untuk melakukan rekrutmen terhadap warganegara Indonesia untuk menjadi bakal calon legislatif, bakal calon Kepala Daerah bahkan pemimpin nasional. Peran penting ini yang harus disikapi oleh para kader partai politik untuk lebih meningkatkan kualitas baik diri dan partai politiknya. (hupmas kpu lobar).